Laman

Tugas Ilmu Sosial Dasar 2



Krisis Moral Remaja Masa Kini

Dahulu Indonesia dikenal sebagai negara yang ramah, bermoral dan sopan santun. Masyarakat masih menjunjung tinggi tata krama dalam pergaulan sebagaimana anak bersikap kepada orang yang lebih tua maupun hubungan antar teman. Namun, saat ini budaya itu terancam luntur digerus zaman. Jika kita amati di lingkungan disekitar banyak sekali remaja yang kurang mengormati orang lain, bersikap tak acuh terhadap lingkungan, dan seringkali mengejek hasil karya orang lain. Ini merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang saya tulis dengan judul krisis moral remaja saat ini.

Menururt kbbi krisis adalah keadaan yang berbahaya (dalam menderita sakit), parah sekali lalu Moral adalah (ajaran tentang) baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya. Jadi bila digabung krisis moral remaja saat ini ialah keadaan berbahaya mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban yang diderita remaja saat ini.

Remaja kurang menghormati orang tua, remaja tidak sopan kepada orang tua, remaja tertangkap pesta miras dan narkoba, remaja bunuh teman satu sekolah, tauran antar remaja karena saling ejek, remaja perkosa teman dan lain-lain merupakan indikasi krisis moral remaja saat ini.

Masalah sosial ini bukan tanpa sebab, krisis moral remaja saat ini disebakan oleh beberapa faktor, yaitu : sosial media yang kontennya tanpa batasan umur, tayangan televisi yang tidak berbobot, dan lingkungan sekitar yang berpendidikan rendah, diperparah dengan kurangnya perhatian dan pengawasan orangtua terhadap perilaku dan sikap remaja saat ini.

Dari masalah sosial ini terdapat beberapa solusi penyelesaian, semua pihak berperan aktif dalam penyelesaian masalah ini, baik pemerintah dalam melakukan pengontrolan berkala untuk sosial media yang dianggap dapat merusak moral bangsa, melakukan pengawasan, dan penilaian tayangan televisi sebelum disiarakan ke masyarakat umum serta meningkatkan pendidikan bagi masyarakat. Untuk masyarakat sebaiknya lebih peka terhadap keberadaan remaja saat ini, menegur dengan perkataan baik bila remaja melakukan kesalahan. Untuk orang tua berilah pengawasan terhadap anak yang sudah beranjak dewasa, tidak perlu berlebih hingga introgasi, karena itu akan membuat anak merasa terintimidasi, awasi dan arahkan remaja sebagai teman, itu akan membuat mereka nyaman dan mengerti dengan apa yang diinginkan orangtuanya. Dan yang terpenting untuk remaja itu sendiri, sebagai calon pemimpin bangsa masa sebaiknya bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk bagi masa depan mereka masing-masing.

Menurut saya mahasiswa juga ikut andil dalam masalah ini, mahasiswa dapat membantu dalam pengontrolan pada media sosial yang berdampak negatif, dengan melaporkan kepada pihak yang berwajib, lalu kepolisian bidang IT yang akan menindak lanjuti. Mahasiswa juga harus bertingkah laku baik dan bermoral baik, karena mahasiswa merupakan contoh bagi adik adik SMA, SMP, dan SD. Dan dengan moral mahasiswa yang baik dapat mengantarkan Republik Indonesia lebih baik karena di pundak mahasiswalah beban Republik Indonesia kelak.


Semoga semua elemen dapat bersinergi dalam upaya penyelesaian masalah ini agar tercapainya generasi muda yang bermoral dan mampu membawa Indonesia lebih maju di masa mendatang.

Aamiin.