Laman

TEORI ANTRIAN

Antrian merupakan suatu kejadian yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari hari, baik di dalam ruangan maupun diluar ruangan. Antrian adalah suatu kegiatan menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan dari suatu fasilitas, antrian dapat terjadi karena kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas) pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas yang tiba tidak bisa segera mendapatan pelayanan. Misalnya saat nasabah mengantri di teller untuk melakukan transaksi, calon penumpang melakukan check-in di airport, saat para pembeli antri  di supermarket untuk melakukan pembayaran, dan banyak contoh lainnya. Menurut A.K. Erlang, seorang ahli matematik Denmark padatahun 1909 mengenalkan beberapa sistem antrian. Menurut A.K. Erlang ada beberapa model sistem antrian :

1. Single Channel-Single Phase



Single Channel berarti hanya ada satu jalur yang memasuki sistem pelayanan atau ada satu fasilitas pelayanan. Single Phase berarti hanya ada satu fasilitas pelayanan. Contohnya adalah sebuah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI yang hanya mempunyai satu loket pelayananan dengan jalur satu antrian.


ATM BNI Drive Thru Margonda Raya

2. Single Channel-Multi Phase


Sistem antrian dengan jalur tunggal dengan tahapan berganda ditunjukan sesuai ilustrasi, terdapat dua atau lebih pelayanan yang dilaksanakan dengan fasilitas pelayanan berurutan. Contohnya adalah pencucian mobil.

Cuci Mobil Hirdaulik Pondok Kelapa Jakarta Timur

3. Multi Channel-Single Phase


Sistem Multi Channel-Single Phase terjadi apabila dua atau lebih fasilitas pelayanan dialiri oleh antrian tunggal. Contohnya adalah antrian pada sebuah tempat pengisian bahan bakar kendaraan.

 SPBU PERTAMINA 31-164-01 (Jalan Margonda Raya)

4. Multi Channel-Multi Phase


Sistem Multi Channel-Multi Phase ini menunjukkan bahwa setiap sistem mempunyai beberapa fasilitas pelayanan pada setiap tahap sehingga terdapat lebih dari satu pelanggan yang dapat dilayani pada waktu bersamaan. Contoh pada model ini adalah: pada pelayanan yang diberikan ketika memasuki ruang seminar, memerlukan pembelian tiket, registrasi ulang, menngambil snack, mengikuti seminar, dan pengambilan sertifikat.

Seminar HMTS Gunadarma 2018